Skip to content
MENGENAL FURNITUR FLATPACK BESERTA KEUNGGULANNYA

MENGENAL FURNITUR FLATPACK BESERTA KEUNGGULANNYA

Furnitur Paket Datar atau flatpack, juga dikenal sebagai furnitur siap rakit, adalah furnitur yang sangat populer dan disukai karena harganya yang terjangkau.

Furnitur jenis ini diproduksi di bagian datar dan dirakit saat dibeli tanpa memerlukan alat khusus (dalam banyak kasus). Mereka dikemas dan dikirim dalam kotak kemasan datar yang terpisah dan dilengkapi dengan mur dan baut yang diperlukan untuk perakitannya, dan dengan instruksi manual. Tergantung pada perabotnya, mereka dapat memiliki 5 komponen untuk dirakit, atau lebih dari 50.

Salah satu peritel kemasan datar paling terkenal adalah IKEA, dengan toko di lebih dari 25 negara.

Terbuat Dari Apa Furnitur Paket Datar?

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kemasan datar adalah kayu solid, atau kayu MDF. MDF adalah produk sisa kayu lunak dan kayu keras yang dicampur dengan lilin dan digabungkan menjadi panel dan lebih kuat dari chipboard. Chipboard terbuat dari serpihan kayu, serbuk gergaji, serutan atau partikel kayu, dan diikat menjadi satu papan.

Bahan chipboard lebih murah, tetapi juga cukup stabil. Satu-satunya kelemahannya adalah lebih rentan terhadap kerusakan air. Kayu solid dapat retak karena waktu atau kondisi lingkungan, yang tidak dapat terjadi pada chipboard.

Harga MDF juga bisa bervariasi, tetapi jika kualitasnya tinggi, maka MDF jauh lebih kuat daripada chipboard. Mudah dibentuk dan dikerjakan, tidak seperti kayu solid. Ini sering digunakan dalam furnitur seperti meja, dan lemari.

Keuntungan Furnitur Paket Datar

  • Salah satu keungguland ari MDF yang paling terkenal – harga terjangkau . Mereka lebih murah karena produksi massal mereka lebih mudah dan lebih murah juga. Selain itu, mereka dikatakan lebih murah karena mengimbangi daya tahannya yang rendah, tetapi jika dirawat dengan baik, mereka bisa sangat tahan lama.
  • Mudah dikirim, dibongkar, dan disatukan. Perusahaan tidak menghabiskan banyak uang untuk biaya pengiriman dan transportasi karena pelanggan dapat memilih furnitur mereka sendiri dan membangunnya di rumah mereka.
  • Paket datar dapat disesuaikan – ada banyak situs dan retasan untuk meningkatkan, mengubah desain atau gaya paket datar. Dengan demikian, orang dapat membuat paket flat murah mereka terlihat jauh lebih mahal dan mewah dengan sedikit uang.
  • Mereka diproduksi oleh mesin, yang banyak memotong biaya perusahaan. Mereka tidak membayar individu untuk tenaga mereka membuat furnitur.
  • Furnitur jenis ini mudah dikemas dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Jika Anda pernah pindah rumah, Anda dapat membongkar furnitur, memasukkannya ke dalam kotak datarnya, dan dengan mudah mengangkut serta memasangnya kembali.

Kerugian Furnitur Flat Pack

  • Desainnya sederhana dan terbatas.
  • Pembongkaran dan pemasangan kembali furnitur yang sama berkali-kali dapat menurunkan daya tahan dan menyebabkan kerusakan.
  • Instruksi yang rumit dan sulit dipahami.
Previous article Inspirasi Dekor Rumah Minimalis dengan Produk Homedoki
Next article 5 TIPS AGAR FURNITUR KAMU TETAP AWET